Minggu, 02 Desember 2012

ANALISIS STRUKTUR ORGANISASI, TUGAS POKOK DAN FUNGSI PENGELOLA SEKOLAH


STRUKTUR ORGANISASI MA NU DEMAK


 













 














TUGAS POKOK
DAN FUNGSI PENGELOLA SEKOLAH
===========================================
1.      KEPALA SEKOLAH
Kepala Sekolah berfungsi sebagai Edukator, Manager, Administrator, Supervisor, Leader, Inovator dan Motivator (EMASLIM).
a.       Kepala Sekolah selaku edukator bertugas melaksanakan proses pengajaran secara efektif dan efisien.
b.      Kepala Sekolah selaku manajer mempunyai tugas :
1)      Menyusun perencanaan
2)      Mengorganisasikan kegiatan
3)      Mengarahkan / mengendalikan kegiatan
4)      Mengkoordinasikan kegiatan
5)      Melaksanakan pengawasan
6)      Menentukan kebijaksanaan
7)      Mengadakan rapat mengambil keputusan
8)      Mengatur proses belajar mengajar
9)      Mengatur administrasi Katatausahaan, Kesiswaan, Ketenagaan, Sarana prasarana, Keuangan
c.       Kepala Sekolah selaku administrator bertugas menyelenggarakan administrasi :
1)      Perencanaan
2)      Pengorganisasian
3)      Pengarahan dan pengendalian
4)      Pengkoordinasian
5)      Pengawasan
6)      Evaluasi
7)      Kurikulum
8)      Kesiswaan
9)      Ketatausahaan
10)  Ketenagaan
11)  Kantor
12)  Keuangan
13)  Perpustakaan
14)  Laboratorium
15)  Ruang keterampilan – kesenian
16)  Bimbingan konseling
17)  UKS
18)  OSIS
19)  Serbaguna
20)  Media pembelajaran
21)  Gudang
22)  7K
23)  Sarana / prasarana dan perlengkapan lainnya
d.      Kepala Sekolah selaku Supervisor bertugas menyelenggarakan supervisi mengenal :
1)      Proses belajar mengajar
2)      Kegiatan bimbingan
3)      Kegiatan ekstrakulikuler
4)      Kegiatan kerja sama dengan masyarakat / instansi lain
5)      Kegiatan ketatausahaan
6)      Sarana dan prasarana
7)      Kegiatan OSIS
8)      Kegaitan 7K
9)      Perpustakaan
10)  Laboratorium
11)  Kantin / warung sekolah
12)  Koperasi sekolah
13)  Kehadiran guru, pegawai, dan siswa
e.       Kepala Sekolah sebagai pemimpin/leader
1)      Dapat dipercaya, jujur dan bertanggung jawab
2)      Memahami kondisi guru, karyawan dan siswa
3)      Memilii visi dan memahami misi sekolah
4)      Mengambil keputusan internal dan eksternal sekoah
5)      Membuat, mencari dan memiih gagasan baru
f.       Kepala sekolah sebagai inovator
1)      Melaksanakan bimbingan dibidang
a)      KBM
b)      BK
c)      Ekstrakurikuler
d)     Pengadaan
2)      Melaksanakan pembinaan guru dan karyawan
3)      Melaksanakan pembaharuan dalam mengambil sumber daya di komite sekolah dan masyarakat
g.      Kepala sekolah sebagai motivator
1)      Mengatur ruang kantor yang koordinatif untuk bekerja
2)      Mengatur ruang kantor yang koordinatif untuk KBM/BK
3)      Mengatur ruang perpustakaan yang koordinatif untuk belajar
4)      Mengatur halaman/lingkungan sekolah yang sejuk dan teratur
5)      Menetapkan hubungan kerja yang harmonis sesama guru dan karyawan
6)      Menciptakan hubungan kerja yang harmonis antara sekolah dan lingkungan
7)      Menerapkan prinsip penghargaan dan hukuman dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Sekolah dapat mendelegasikan kepada Wakil Kepala Sekolah
2.      WAKIL KEPALA SEKOLAH
Wakil Kepala Sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sbb:
a.       Penyusunan rencana, pembuatan program kegiatan dan program pelaksanaan
b.      Pengorganisasian
c.       Pengarahan
d.      Ketenagakerjaan
e.       Pengkoordinasian
f.       Pengawasan
g.      Penilaian
h.      Identifikasi dan pengumpulan data
i.        Pengembangan keunggulan
j.        Penyusunan laporan
3.      GURU BIMBINGAN DAN KONSELING
a.       Penyusunan program dan pelaksanaan bimbingan dan konseling
b.      Koordinasi dengan wali kelas dalam rangka mengatasi masalah-masalah yang dihadapi oleh siswa tentang kesulitan belajar
c.       Memberikan layanan dan bimbingan kepada siswa agar lebih berprestasi dalam Kegiatan belajar
d.      Memberikan saran dan pertimbangan kepada siswa dalam memperoleh gambaran tentang lanjutan pendidikan dan lapangan pekerjaan yang sesuai
e.       Mengadakan penilaian pelaksanaan Bimbingan dan Penyuluhan
f.       Menyusun Satatistik hasil penilaian B.K
g.      Melaksanakan kegiatan analisis hasil evaluasi belajar
h.      Menyusun dan melaksanakan program tindak lanjut Bimbingan dan Konseling
i.        Menyusun laporan pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
4.      WAKA KESISWAAN
a.       Mengatur pelaksanaan Bimbingan Konseling
b.      Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (Keamanan, Kebersihan, Ketertiban, Keindahan, Kekeluargaan, Kesehatan dan Kerindangan)
c.       Mengatur dan membina program kegiatan OSIS meliputi: Kepramukaan, Palang Merah Remaja (PMR), Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), Patroli Keamanan Sekolah (PKS) Paskibra
d.      Mengatur pelaksanaan Kurikuler dan Ekstra Kurikuler
e.       Menyusun dan mengatur pelaksanaan pemilihan siswa teladan sekolah
f.       Menyelenggarakan Cerdas Cermat, Olah Raga Prestasi
g.      Menyeleksi calon untuk diusulkan mendapat beasiswa
5.      WAKA KURIKULUM
a.       Menyusun dan menjabarkan Kalender Pendidikan
b.      Menyusun Pembagian Tugas Guru dan Jadwal Pelajaran
c.       Mengatur Penyusunan PRogram Pengajaran (Program Semester, Program Satuan Pelajaran, dan Persiapan Mengajar, Penjabaran dan Penyesuaian Kurikulum)
d.      Mengatur pelaksanaan program penilaian Kriteria Kenaikan Kelas, Kriteria Kelulusan dan Laporan Kemajuan Belajar Siswa serta pembagian Raport dan STTB
e.       Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengayaan
f.       Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
g.      Mengatur Pengembangan MGMP dan Koordinator mata pelajaran
h.      Mengatur Mutasi Siswa
i.        Melaksanakan supervisi administrasi dan akademis
j.        Menyusun Laporan
6.      WAKA SARAN PRASARANA, DAN HUBUNGAN MASYARAKAT
a.       Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
b.      Merencanakan program pengadaannya
c.       Mengatur pemanfaatan Sarana Prasarana
d.      Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
e.       Mengatur pembakuannya
f.       Menyusun laporan
g.      Mengatur dan mengembangkan hubungan dengan komite dan peran komite
h.      Menyelenggarakan bakti social, karyawisata
i.        Menyelenggarakan pameran hasil pendidikan di sekolah (gebyar seni)
j.        Menyusun laporan
7.      GURU MATA PELAJARAN
a.       Membuat Perangkat Pembelajaran
b.      Melaksanakan kegiatan pembelajaran
c.       Melaksanakan kegiatan Penilaian Proses Belajar, Ulangan Harian, Ulangan Umum, Ujian Akhir
d.      Melaksanakan analisis hasil ulangan harian
e.       Menyusun dan melaksanakan program perbaikan dan pengayaan
f.       Mengisi daftar nilai siswa
g.      Melaksanakan kegiatan membimbing (pengimbasan pengetahuan) kepada guru lain dalam proses kegiatan belajar mengajar
h.      Membuat alat pelajaran / alat peraga
i.        Menumbuh kembangkan sikap menghargai karya seni
j.        Mengikuti kegiatan pengembangan dan pemasyarakatan kurikulum
k.      Melaksanakan tugas tertentu di sekolah
l.        Mengadakan pengembangan program pengajaran yang menjadi tanggung jawabnya
m.    Membuat catatan tentang kemajuan hasil belajar
n.      Mengisi dan meneliti daftar hadir siswa sebelum memulai pelajaran
o.      Mengatur keberhasilan ruang kelas dan pratikum
p.      Mengumpulkan dan menghitung angka kredit untuk kenaikan perangkatnya
8.      WALI KELAS
a.       Pengelolaan kelas
b.      Penyelenggaraan administrasi kelas meliputi : Denah tempat duduk siswa, Papan absensi siswa, Daftar pelajaran kelas, Daftar piket kelas,Buku absensi siswa, Buku kegiatan pembelajaran/buku kelas, Tata tertib siswa, pembuatan statistik bulanan siswa
c.       Pengisian daftar kumpulan nilai (legger)
d.      Pembuatan catatan khusus tentang siswa
e.       Pencatatan mutasi siswa
f.       Pengisian buku laporan penilaian hasil belajar
g.      Pembagian buku laporan hasil belajar

9.      KEPALA TU
a.       Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
b.      Pengelolaan keuangan sekolah
c.       Pengurus administrasi ketenagaan dan siswa
d.      Pembinaan dan pengembangan karir pegawai tata usaha sekolah
e.       Penyusunan administrasi perlengkapan
f.       Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah
g.      Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
h.      Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketata usahaan secara berkala
10.  TU PERPUSTAKAAN
a.       Perencanaan pengadaan buku/bahan pustaka/media elektronik
b.      Pengurusan pelayanan perpustakaan
c.       Perencanaan pengembangan perpustakaan
d.      Pemeliharaan dan perbaikan buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
e.       Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku / bahan pustaka / media elektronika
f.       Melakukan layanan bagi siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
g.      Penyimpanan buku perpustakaan / media elektronika
h.      Menyusun Tata tertib perpustakaan
i.        Menyusun Laporan pelaksanaan kegiatan perpustakaan secara berkala
11.  TU ADMINISTRASI
a.       Melayani pelaksanaan pekerjaan-pekerjaan operatif untuk mencapai dari suatu organisasi
b.      Menyediakan keterangan-keterangan bagi pucuk pimpinan organisasi itu untuk membuat keputusan atau melakukan tindakan yang tepat
c.       Membantu kelancaran perkembangan organisasi sebagai suatu keseluruhan


12.  TU KEUANGAN
a.       Merencanakan kegiatan Sub Bagian perencanaan program dan keuangan perencanaan anggaran
b.      Menyiapkan bahan laporan perencanaan program, anggaran dan keuangan
c.       Mengumpulkan dan mengolah data serta informasi sebagai bahan untuk menyusun program
d.      Mengelola, melaksanakan penyususnan rencana kerja anggaran dan penatausahaan keuangan
e.       Menyiapkan administrasi keuangan
f.       Melakukan verifikasi keuangan secara berkala
g.      Membuat laporan dan konsultasi, pelaksanaan tugas kepada atasan
h.      Memberikan saran dan pertimbangan kepada atasan
i.        Melaksanakan tugas kedinasan yang diberikan oleh atasan
j.        Verifikasi SPJ dengan cepat, akurat dan berpedoman pada DPA
k.      Pengerjaan laporan keungan dan pengajuan anggaran melalui aplikasi SIMDA secara tepat
13.  PESURUH
a.       Melaksanakan tugas kebersihan
b.      Menyediakan makan/minum untuj kepala sekolah dan tamu sekolah
c.       Meminta dan menerima tugas dari kepala sekolah
d.      Membantu menyediakan kebutuhan barang-barang yang diperlukan kepala sekolah
e.       Melakukan tugas belanja makan/minum, fotokopi, mengantar surat dan tugas sejenis lainnya
f.       Mengecek ketersediaan air minum, teh, gula dan kopi setiap hari
g.      Memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah
14.  PENJAGA
a.       Melaksanakan tugas pengemanan sekolah
b.      Memonitor lingkungan sekolah sebanyak 3 kali:
1)   Setelah bel masuk doibunyikan , petugas berkeliling sekolah untuk memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
2)   Setelah bel istirahat berakhir, petugas berkeliling sekolah untuk memastikan bahwa seluruh siswa sudah masuk kelas
3)   Setelah bel pulang, petugas berkeliling sekolah untuk terakhir kali untuk memastikan kondisi lingkungan sekolah aman
c.       Mengawasi dan menjaga keamanan lahan parkir sekolah
d.      Memelihara dan menjaga barang-barang milik sekolah
e.       Bekerjasama dengan dinas terkait apabila ada masalah keamanan yang tidak dapat dilakukan secara internal atau sudah terjadi perbuatan yang melanggar hukum

ANALISIS STRUKTUR DAN TUPOKSI
Agar dalam penyusunan Program Pendidikan lebih berdasar maka perlu dilakukan analisis terlebih dahulu. Format analisis disediakan Visi, misi dan tujuan diisi sebagaimana rumusan yang sudah ada dalam format. Sasaran diisi sesuai target sekolah masing-masing.

PROGRAM KERJA SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2009/2010

a.      Nama Sekolah                : MA Nahdlatul Ulama Demak
                                                  Status Swasta
b.      Alamat Sekolah              : Jl. Glagah Wangi no. 1 Demak
Propinsi                             : Jawa Tengah
Kabupaten / Kota              : Demak
Kode Pos                          : 59563

Visi, Misi dan Tujuan Sekolah
Dengan melihat kondisi obyektif yaitu dengan telah berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, maka MA NU Demak mempunyai Visi dan misi yang diemban oleh MA NU Demak yaitu :

a.       Visi
“ Unggul dalam mutu, santun dalam perilaku “
b.      Misi
1)      Menumbuhkan penghayatan dan mewujudkan pengamalan terhadap ajaran agama Islam
2)      Menumbuhkembangkan individu yang berakhlaq mulia dalam pikiran, sikap dan perbuatan sehari – hari
3)      Membentuk individu islami yang berilmu amaliah dan beramal ilmiah
4)      Membentuk individu berpola “ kader “ ( kreatif, analisis, dedikasi, enerjik, responsif )
5)      Mengembangkan minat belajar siswa dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi
c.       Tujuan
Secara umum untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan tujuan Pendidikan Nasional. Secara khusus bertujuan:
1)      Mensyukuri nikmat Allah SWT
2)      Menciptakan anak yang mempunyai sifat dan sikap yang berakhlakul karimah
3)      Mendidik dan mengajar siswa yang beriman dan bertaqwa (IMTAQ) kepada Allah serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK)

Identifikasi Tantangan Nyata yang Dihadapi Sekolah
a.       Kualifikasi tenaga guru yang belum sesuai dengan kebutuhan.
Tantangan Nyata : Perlu peningkatan kualifikasi guru.
b.      Belum terpenuhinya sarana dan prasarana bidang pendidikan
Tantangan Nyata : Perlu pemberdayaan sarana dan prasarana yang ada serta penambahan sarana prasarana sesuai prioritas secara berkala.
c.       Pendanaan yang belum memadai secara optimal.
Tantangan Nyata : Perlu peningkatan kerja sama dalam rangka pemecahan masalah bersama komite, masyarakat/orang tua siswa.

d.      Kegiatan Ekstrakurikuler belum mencapai prestasi yang maksimal
Tantangan Nyata : Perlu peningkatan frekuensi kegiatan ekstrakulikuler yang spesifik ( unggulan ) untuk mencapai prestasi dalam rangka pembentukan   pengembangan potensi siswa.

 Sasaran / Tujuan Situasional Sekolah
 Peningkatan kompetensi guru dalam Penyusunan silabus berdasarkan KTSP untuk setiap mata pelajaran yang berorientasi pada life skill. Peningkatan pendayagunaan perpustakaan sebagai sumber belajar melalui penambahan / pengadaan buku-buku perpustakaan. Pengembangan kreatifitas siswa dalam bidang Akademik dan Non Akademik. 

Identifikasi Fungsi – fungsi Sasaran
 No
Fungsi dan
Faktornya
Kriteria
Kesiapan
Kondisi
Nyata
Tk. Kesiapan Faktor
Siap
(S/O)
Tdk Siap
(W/T)
A
1
Fungsi Kurikulum
Faktor Internal
Dokumentasi Kurikulum
Standar kompetensi setiap mapel


1.      ada dan lengkap.
2.      Ada dan
lengkap

ada dan perlu
penyempurnaan
Ada dan lengkap





Silabus setiap mapel.
Texbook setiap mapel.
Rencana dan program kurikulum
Rencana dan program evaluasi kurikulum.
Pedoman pengembangan kurikulum.
Tim pengembang kurikulum.
  1. Ada dan
 lengkap
  1. Tersedia

  1. Ada dan lengkap
  2. Ada dan lengkap

  1. Ada dan lengkap

  1. Ada
      dan mampu.
Ada dan  perlu
penyempurnaan
Tersedia.

Ada namun kurang lengkap.
Ada namun kurang lengkap.

Ada dan lengkap.


Ada namun belum efektif














2
Faktor Eksternal
Kesesuaian dengan kemajuan iptek.
Kesesuaian dengan tuntutan masyarakat.
Kesesuaian dengan perubahan nilai.
Kesesuaian dengan karakteristik siswa.

  1. Tinggi

  1. Tinggi


  1. Tinggi

  1. Tinggi

  1. Cukup

  1. Cukup


  1. Cukup

  1. kurang






B.

1








2
Fungsi Proses Belajar Mengajar
Faktor Internal
  1. Penggunaan metode mengajar.
  2. Motivasi guru.
  3. Motivasi siswa.
  4. Hubungan guru – siswa.
  5. Waktu pelajaran.
Faktor Eksternal.
  1. Linbgkungan Fisik
  2. Lingkungan sosial.



Variasi


Tinggi
Tinggi
Akrab

Efektif

Tenang

Kondusif



Kurang Variatif


Cukup
Cukup
Akrab

Efektif

Tenang

Kondusif












C

1
















2
Fungsi Tenaga Pendi-dik dan Kependidikan
Faktor Internal
1.      Kwalifikasi pen-didikan dan tenaga kependidikan
2.      Kemampuan.
3.      Disiplin.
4.      Komitmen/ kekompakan.
5.      Motivasi.
6.      Inisiatif dan kreatifitas.
7.      Peningkatan SDM
8.      Penghargaan Guru Berprestasi



Faktor eksternal.
  1. Pengurus Komite se- kolah.
  2. Dukungan Komite
sekolah.
  1. Partisipasi masyarakat.
  2. Gangguan masyarakat.



  1. Sesuai/ tinggi


  1. Tinggi.
  2. Tinggi
  3. Tinggi

  1. Tinggi
  2. Tinggi

  1. Ada
  2. Ada




  1. Ada


  1. Tinggi


  1. Tinggi

  1. Tidak ada



  1. Cukup tinggi


  1. Cukup tinggi
  2. Cukup
  3. Cukup

  1. Cukup
  2. Kurang

  1. Kurang
  2. Cukup




  1. Ada


  1. Tinggi


  1. Kurang

  1. Tidak ada.



Bagan analisa kegiatan dapat menjadi alat yang sangat bermanfaat. Bagan atau struktur memberikan bahan untuk mengetahui gambaran yang luas mengenai semua kegiatan pegawai-pegawai dalam kelompok kerja, misalnya apa yang telah dikerjakan, siapa yang telah mengerjakan, dan berapa lam waktu yang diperlukan untuk mengerjakannya.
Keterangan-keterangan disusun dalam analisa struktur sedemikian rupa sehingga memungkinkan diadakan analisa secara logis yang akan mengungkapkan kemungkinan-kemungkinan yang luas untuk mengadakan perbaikan-perbaikan. Meskipun tidak ada sesuatu pun yang istimewa mengenai analisa struktur kegiatan, struktur tersebut dapat dipakai sebagai dasar untuk sesuatu analisa penjelasan mengenai betapa efektifnya suatu kelompok kerja organisasi melaksanakan pertanggung jawaban mereka.
Analisa struktur kegiatan pada pokoknya terdiri dari pernyataan yang menyimpulkan kegiatan-kegiatan yang penting kelompok-kelompok kerja organisasi, beserta dengan suatu perincian yang menunjukkan sumbangan masing-masing pegawai pada tiap-tiap kegiatan.
Para manajer yang mulai mendesain struktur organisasi menghadapi keputusan yang sulit. Para manajer itu harus memilih di antara serangkaian pilihan kerangka pekerjaan dan departemen. Proses ketika manajer menentukan pilihannya yang semata-mata berarti keputusan dan tindakan yang menghasilkan sebuah struktur organisasi.
Bagaimanapun hasil aktual sebuah keputusan, namun isi keputusan itu selalu sama. Dua buah keputusan pertama dipusatkan kepada pekerjaan individu, dua keputusan berikutnya berfokus pada departemen atau kelompok pekerjaan.
1.      Para manajer memutuskan bagaimana cara membagi tugas menyeluruh menjadi tugas-tugas lebih kecil secara berurutan. Mereka membagi seluruh aktivitas menjadi rangkaian aktivitas lebih kecil yang saling berhubungan. Hasil keputusan ini mendefinisikan pekerjaan menjadi aktivitas dan tanggung jawab khusus. Meski setiap tugas mempunyai banyak ciri yang paling menonjol ialah kadar spesialisasi.
2.      Para manajer mebagi-bagikan wewenang kepada pekerjaan. Yang dimaksud dengan wewenang ialah hak untuk mengambil keputusan tanpa minta persetujuan manajer tingkat atas dan hak untuk menuntut ketaatan orang-orang yang telah diangkat. Setiap pekerjaan berisi hak untuk mengambil keputusan dalam batas-batas tertentu. Tetapi tidak dalam setiap pekerjaan yang membedakan tugas manajerial dari tugas nonmanajerial. Para manajer dapat menuntut ketaatan, tetapi mereka yang bukan manajer tidak dapat menuntutnya.
Organisasi memungkinkan jauh lebih banyak spesialisasi dan kelonggaran, namun kadang-kadang ia menimbulkan sengketa. Sebagian ahli-ahli staf menolak kenyataan, bahwa mereka mungkin hanya bertindak sebagai penasihat saja bagi pegawai-pegawai garis dan tidak mempunyai kekuasaan yang nyata. Bersamaan dengan itu para manajer mengetahui bahwa mereka mempunyai tanggung jawab akhir atas hasil-hasil yang diproduksi, seringkali enggan untuk mendengarkan nasihat staf.
 
DAFTAR PUSTAKA

Barish, Norman. Analisa Administrasi (Analisa Sistem-Sistem bagi Administrasi yang Efektif). Jakarta: Bina Aksara. 1987.
Donelly, James. Organisasi (Perilaku, Struktur, Proses). Jakarta: Erlangga. 1985.
file:///D:/net/orgns/struktur/13454.htm
file:///D:/net/orgns/struktur/struktur-organisasi-sekolah.html
G.R. Terry dan L.W. Rue. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2010.
Sutarto. Dasar-Dasar Organisasi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. 1980.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar